Tips Merawat Gear Pompa Oli Pada Mesin Mobil

Posted by Unknown on 23.08 with 4 comments

Mobil merupakan serangkaian mekanis yang saling berhubungan

Semua bagian pada mobil dirancang untuk saling bekerja sama dalam menjaga fungsi mesin yang optimal. Selain itu, komponen mekanis didalam mobil yang berbeda-beda ternyata memiliki tempat dan fungsi aplikasi yang berbeda dalam satu kendaraan. Salah satu komponen yang penting adalah gear pompa roda gigi yang digunakan pada mobil. Apa itu pompa roda gigi? Ini adalah jenis pompa positif displacement yang digunakan untuk memompa cairan viskositas rendah atau tinggi ke seluruh bagian mesin mobil.


Pompa ini tentu memiliki tugas yang penting, mengingat penyaluran oli dari tangki ke seluruh bagian dilakukan oleh alat ini, yang nantinya oli tersebut akan dimanfaatkan untuk mekanisme gerak tuas persneling, kampas hingga rem. Karena fungsinya yang penting, FTI Drum Pump ini memiliki beberapa bagian penyusun, salah satunya adalah bantalan pompa

Kadang-kadang, bantalan bantalan pompa terdiri dari lapisan permukaan yang dirancang khusus dari formulasi PTFE dan secara khusus diterapkan untuk nilai PV yang tinggi. Ini dapat digunakan dalam medium, pompa gigi tekanan tinggi, pompa ram, dan pompa baling-baling dan sebagainya. Karena tanpa timbal, hal ini menjadikan kondisi pelumasan bearing lebih bersih, dan sesuai dengan permintaan lingkungan.

Meskipun ada banyak aplikasi lain yang menggunakan pompa roda gigi, contoh yang paling umum adalah pompa roda gigi hidrolik yang digunakan dalam transmisi banyak kendaraan. Karena ini sangat umum digunakan pada kendaraan, perawatan yang tepat menjadi penting karena perawatan yang baik mungkin dapat menghemat biaya yang cukup besar.

Cara Merawat Gear Pompa

Komponen yang paling penting yang harus Anda perhatikan adalah bantalan pompa roda gigi karena bantalan yang rusak memungkinkan roda gigi di pompa bergeser ke posisi di ruang, daripada tetap lurus dan benar. Jadi, Anda harus memeriksanya untuk memastikan kinerja mereka yang tepat. Dan jika bantalan pompa memiliki beberapa masalah, Anda harus menghapusnya dengan menggunakan penarik bantalan.

Selain itu, Anda harus memeriksa gigi di gigi untuk tanda-tanda kerusakan. Sebuah pompa roda gigi baru biasanya dikirimkan dengan jarak sekitar 0,005 hingga 0,007 inci antara gigi gigi dan dinding ruang. Izin ini cukup untuk selembar kertas pembungkus sangat tipis. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan jenis kertas ini untuk memeriksa jarak antara gigi gir. Jika kertas meluncur masuk dan keluar di antara gigi terlalu mudah, maka roda gigi telah dipakai karena scrubbing atau pelumasan yang buruk.

Selain bantalan dan roda gigi pompa, Anda juga harus memeriksa beberapa komponen terkait lainnya seperti pin yang menahan roda gigi ke porosnya sangat penting untuk pengoperasian pompa yang andal. Kegagalan pin akan mengakibatkan kerusakannya.

Singkatnya, untuk mempertahankan pompa roda gigi pada kendaraan dengan benar, Anda harus memperhatikan banyak komponen dan memeriksanya secara teratur.